Hidup sehat dimulai dari diri sendiri

Orang bisa membeli obat, tapi tidak bisa membeli sehat. Untuk itu, buat yang masih bisa menikmati nikmatnya sehat, coba banyakin bersyukur deh. Salah satu caranya bersyukur ya dengan merawat diri sendiri dan menjaga biar tubuh kita tetap sehat. Gitu...

Gimana? Udah kelihatan bijaknya belum? XD


Ngomong - ngomong guys, salah satu cara biar tubuh kita tetep sehat tentunya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat juga. Diikuti dengan tidur yang cukup dan jangan lupa berolahraga. Walaupun untuk zaman sekarang ini, nyari makanan sehat rada susah. Junk Food dimana - mana, belum lagi makanan instan dengan segala bahan pengawetnya. Sementara sayuran sendiri nggak bebas dari pengaruh zat pestisida. Bayangin, ulet aja nggak doyan eh malah dikonsumsi manusia.

Dilema nggak sih?

Dan mendadak, inget pas jaman kecil dulu. Waktu masih ikut belajar bertani bareng Bapak dihalaman samping rumah. Sekedar bertanam pohon cabe, kacang dan juga bayam untuk dikonsumsi sendiri. Bebas dari pengunaan pupuk bahan kimia. Palingan kalaupun ingin tanaman sedikit lebih subur, disiram dengan mengunakan air bekas cucian beras ataupun ikan. Alami, praktis, dan pastinya lebih sehat.

Berbeda dengan sekarang saat tinggal dikota besar. Sayuran segar memang masih bisa kita temui dipasar. Tapi tentunya kita nggak tau pengunaan bahan kimia saat penanamannya dan perawatannya dulu.

Untuk itu, saya pribadi mencoba untuk membatasi diri. Salah satunya dengan memanfaatkan sedikit lahan kosong dibelakang rumah guna dimanafaatkan untuk belajar bertani organik agar mendapatkan sumber asupan sayuran yang lebih sehat. Memanfaatkan buku dan google sebagai pedoman, nggak ada yang mustahil untuk dilakukan. Yang penting ada kemauan.

Ck, omongannya udah kayak yang bener aja ya kan?

But jangan lupa ya guys. Disamping harus rajin mengkonsusmsi sayuran sehat, baiknya kita juga mengurangi makanan yang berpotensi untuk merusak tubuh. Misalnya telalu banyak mengandung lemak jenuh, minyak berlebihan semacam gorengan, atau makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, Mie Instan salah satunya. Oh, jangan lupa, yang secara continue mengkonsusmsi kafein, sebaiknya mulailah dikurangi.

Last, didukung dengan tidur yang cukup semari berolahraga yang teratur. Hidup sehat pasti bisa kita nikmati. Inget pepatah populer _ Mensana in Corporesano` _ Di Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar