Tips Memilih Fisioterapi Terbaik untuk Rehabilitasi Stroke

Tak hanya orang lanjut usia, nyatanya banyak diantara orang yang masih berusia muda juga rentan untuk terkena serangan stroke. Ya, memang stroke dapat menyerang kapan saja tanpa mengenal waktu dan tempat.

Tips Memilih Fisioterapi Terbaik untuk Rehabilitasi Stroke
Tips Memilih Fisioterapi Terbaik untuk Rehabilitasi Stroke

Tips Memilih Fisioterapi terbaik untuk Rehabilitasi Stroke


Ketika serangan stroke ini datang biasanya akan menyebabkan penderitanya mengalami kelumpuhan, entah itu sebagian ataupun juga lumpuh secara total. Cara yang paling direkomendasikan tentu saja langsung pergi ke dokter untuk segera melakukan pengobatan. Sebab stroke akan jadi semakin berbahaya jika seandainya senantiasa dibiarkan, mengingat ia juga beresiko untuk menyebabkan terjadinya disabilitas lebih lanjut. Bahkan masalah jangka panjang karena terjadinya kerusakan otak tersebut.

Itulah mengapa beragam jenis pengobatan ditawarkan untuk bisa sembuh dari penyakit ini, paling tidak juga membantu untuk meningkatkan kembali kemampuan penderitanya seperti sedia kala, sehingga kualitas hidup nantinya juga tidak akan turun. Bentuk pengobatan yang sering kali dilakukan adalah dengan fisioterapi, terapi fisik ini dilakukan bukan tanpa alasan.

Melainkan karena memang sebagian besar diantara penderitanya mengalami kelumpuhan, disebabkan oleh otot-otot tubuh yang mulai melemah, sehingga tidak bisa melakukan aktivitas fisik seperti sedia kala. Maka tujuan dari terapi ini adalah untuk mengembalikan kemampuan tersebut.

Untuk memilih fisioterapis ini juga bukan hal yang mudah untuk dilakukan, ada banyak sekali diantara pertimbangannya. Namun sekarang ini di Jakarta sendiri memang sudah ada semakin banyak layanan terapi stroke. Berikut ini tips mendapatkan yang terbaik, yaitu:

  • Utamakan terapi yang dianjurkan oleh dokter yang menangani Anda, terapi secara medis memang lebih diutamakan dibandingkan dengan pengobatan alternatif yang lainnya. biasanya dokter sendiri yang akan secara langsung merekomendasikan pasien tersebut dengan beberapa terapis yang sudah berpengalaman untuk mengatasi kondisi Anda. Tentunya menyesuaikan dengan kondisi yang dialami oleh pasiennya tersebut.
  • Pertimbangkan fisioterapi yang dapat dilakukan di rumah, ketika seseorang sudah terserang stroke, umumnya sebagian anggota tubuh akan mengalami kelumpuhan, tidak dapat digunakan seperti sedia kala. Sehingga kurang praktis juga jika seandainya penderota stroke ini juga harus dibawa ke rumah sakit secara rutin berkali-kali, apalagi jika seandainya jaraknya juga cukup jauh dari rumah. Untuk itulah maka bisa mempertimbangkan layanan home care, dimana fisioterapis dapat dipanggil ke rumah, jadi akan jauh lebih praktis.
  • Bisa juga terapi alternatif juga, selain beberapa bentuk fisioterapi secara medis, maka tidak dapat dipungkiri juga jika seandainya ada banyak sekali diantara pilihan fisiterapi alternatif di luar medis yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan. Namun tetap yang terpercaya, sehingga nantinya dapat menjamin kualitas pelayanan dan pastinya Anda sendiri juga tidak akan kecewa dalam menggunakannya.
  • Biaya atau budget, berbeda jenis layanan, sudah pasti biaya yang dibandrol untuk menikmati layanan tersebut nantinya juga akan berbeda pula. Jadi ada baiknya untuk Anda agar mengecek terlebih dahulu tawaran harga atau jasa fisioterapi tersebut. Sekarang ini kian mudah untuk bisa mengecek tawaran biaya fisioterapi, apalagi sudah ada banyak sekali aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi secara akurat mengenai biaya berobat ini secara online tentunya. Jadi bisa menyesuaikan dengan isi kantong.
  • Pertimbangkan pembayaran dengan mengandalkan klaim asuransi, ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat bagaimanapun memang pembayaran akan terasa jauh lebih ringan jika seandainya bisa mengandalkan fasilitas asuransi yang Anda miliki.

Setidaknya itulah beberapa tips terbaik dalam memilih fisioterapi untuk mengobati stroke. Resiko terserang stroke akan semakin tinggi seiring dengan bertambahnya usia Anda. Sehingga tidak boleh disepelekan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar